Cara Buat Canopy Kain atau Order Sendiri ?

Hampir di tiap-tiap rumah ada canopy kain untuk meredam hujan atau panas, baik itu untuk penutup teras, parkiran mobil atau bahkan juga jemuran. Bagaimana jika kanopi lama anda telah ringkih termakan umur atau berkarat serta keropos sebab tidak dilapis dengan cat? Tentunya anda dapat membuatnya sendiri di rumah bermodalkan alat las dengan watt kecil serta gerinda untuk memotong besi.







Dengan membuat kanopi sendiri tentunya kita dapat mengirit cukuplah uang banyak sebab kita tak perlu membayar biaya untuk tukang las. Berikut ini akan diterangkan tips untuk bikin kanopi minimalis dengan perkiraan cost kurang dari 1 juta. Semua bisa kerjakan nya sendiri asal ingin coba dengan ikuti beberapa langkah yang diterangkan berikut ini.

PERSIAPAN BUAT CANOPY KAIN

Pertama kali, sebelum beli bahan dianjurkan untuk menggambar design kanopi yang akan dibikin pada kertas serta mengukur dimensinya dulu.

rencana kanopiGambar selain ialah design kanopi serta dimensi yang akan saya bikin dengan perincian:
A (tiang depan) = 2 mtr.
B (tiang belakang)=2,2 mtr.
C (palang untuk penghubung tiang)=3,6 mtr.
D(palang untuk dudukan atap)=2,5 mtr.
Serta plat besi kotak dengan ukuran 6x6cm serta 2 buah lubang sebesar 8mm akan di las pada ke sisi bawah empat tiang yang berperan menjadi dudukan/pengikat yang nanti akan di baut memakai dynabolt.

BAHAN
Besi siku 4x4cm dengan ketebalan 3mm
Besi hollow 3.5×3.5cm dengan ketebalan 1.3mm
Plat 3mm
Plat 1mm
Atap seng gelombang
Dynabolt 10×50 mm
Selft drilling screw (sekrup bor untuk menempatkan atap)
Cat epoxy(cat basic)
Cat warna
Thinner

ALAT
Mesin las (saya memakai mesin las murah dengan watt 900 pas untuk project rumahan)
Mesin gerinda dengan mata potong
Mesin bor(mata bor besi 8mm serta mata bor beton 10mm)
Penggaris siku
Pensil besi (untuk menandai besi yang akan dipotong)
Tang jepit/clamp (opsional)
CARA MEMBUAT

Potong semua besi sama dengan ukuran (tiang, palang penghubung tiang serta palang dudukan atap).
Sediakan dudukan tiang memakai plat dengan ketebalan 3mm,dengan ukuran 6×6 cm serta lubangi ke 2 sisinya dengan berlawanan memakai mata bor besi 8mm (buat 4 buah).
Las besi dudukan yang sudah dilubangi ke 4 tiang.plat 6x6cm
Potong plat 1mm dengan ukuran sesuai dengan besar ujung besi hollow serta las di bagian ujung luar besi itu (ini untuk menahan air masuk ke besi yang mengakibatkan karat).
plat tutup
penutup untuk besi hollow

Saat ini ialah waktu nya untuk membangun tiang- tiang penyangga. Tetapkan tempat di mana tiang akan dipasang,berikan sinyal serta bor permukaan/ lantai memakai mata bor beton 10mm, input dynabolt serta pasang besi penyangga (pasang mur tetapi janganlah sangat kencang dahulu). DSC01367
Langkah menempatkan tiang yang lainnya serta pastikan tiang itu sejajar dengan tiang pertama yaitu dengan mengikat/clamp palang penghubung (yang nanti akan dipasang diatas tiang-tiang) pada tiang pertama serta tiang yang akan dipasang. clamp sesaat

Bor serta pasang baut pada tiang ke-2 seperti yang sudah dikerjakan pada tiang pertama.
Sesudah semua tiang terpasang, pasang palang penghubung ke atas ke-2 tiang. Sebelum mengelasnya yakinkan pojok pada palang penghubung serta tiang siku 90° memakai penggaris siku (pada gambar saya memakai siku magnet). Ini terpenting untuk mendapatkan hasil yang rapi serta kuat.DSC01387
Kerjakan langkah yang sama untuk pemasangan palang penghubung ke-2.
Bila semua tiang serta palang telah terpasang serta dilas dengan rapi saat ini waktunya menempatkan palang untuk dudukan atap.

Sesudah semua palang terpasang, kencangkan semua baut-baut pada tiang (las jika memang perlu). Setelah itu kita dapat menempatkan atap, tetapi lebih baik mengecat dahulu semua rangka memakai cat basic. Mengecat langsung tiada memakai cat basic dapat juga, tapi tidak dianjurkan sebab cat basic memiliki daya lekat lebih kuat ke besi. Hingga cat semakin lebih bertahan lama serta akan tidak gampang mengelupas nanti jika memakai cat basic. DSC01398

Sesudah cat basic kering, teruskan pengecatan memakai cat warna. Lalu baru pemasangan atap bisa dikerjakan. Pada kanopi ini saya memakai atap memiliki bahan seng gelombang serta disekrup memakai self drilling screw (sekrup yang ada mata bor kecil pada bagian ujung-nya). Pasang atap dengan rapi lantas bor serta kencangkan memakai self drilling screw sampai tembus palang dudukan atap. Bor di sejumlah sisi supaya atap terpasang dengan kuat serta tidak goyang waktu tertiup angin.

Sumber :
https://www.jasacanopykain.com/2018/10/harga-jasa-canopy-kain-katalog-terbaru.html

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Cara Buat Canopy Kain atau Order Sendiri ?"